Harus diakui bahwa kepemimpinan kepala sekolah amat memengaruhi kemajuan sebuah lembaga pendidikan. Penelitian ini penting dan berbeda dari yang lain karena menonjolkan peran kepala sekolah dalam mengelola sekolah dengan merujuk pada budaya lonto leok. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah adalah kualitatif, yaitu mengumpulkan data melalui wawancara, observasi dan analisis. Informan dalam penelitian ini adalah para ketua Yayasan, para kepala Sekolah, para guru, para orangtua dan tokoh adat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan pengelolaan sekolah yang berkualitas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain: pentingnya keterbukaan dalam mengelola TK, kesediaan untuk saling mendengarkan, pentingnya kerja sama, keterkaitan karakteristik antara kepala sekolah dan para guru dan pentingnya budaya lonto leok. Dengan hasil penelitian ini, kepala sekolah diharapkan bisa menerapkan nilai-nilai lonto leok di sekolah, sehingga bisa menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih inklusif dan kolaboratif. Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih segar terkait urgensitas pengintegrasian nilai-nilai budaya lokal dalam praksis kepemimpinan kepala sekolah. Penelitian ini menunjukkan pentingnya integrasi nilai-nilai budaya lokal dalam kepemimpinan pendidikan anak usia dini untuk meningkatkan efektivitas dan harmoni lingkungan sekolah.
Copyrights © 2025