Tujuan penelitian guna memahami konsep pendidikan multikultural melalui tiga transformasi yaitu: level diri, level sekolah, dan level masyarakat. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui telaah pustaka. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dari data sekunder. Analisis data mencakup reduksi data, display data, dan verifikasi. Hasil penelitian memaparkan: (a)Transformasi level diri, penanaman nilai seperti: toleransi, empati, kerjasama, inklusif, persamaan, hormat, tanggung jawab, keadilan, penerimaan, dan keingintahuan. (b)Transformasi level sekolah, mencakup aspek: kurikulum, program pembelajaran, materi pembelajaran, iklim kelas, pendidik, anak didik, dan evaluasi. (c) Transformasi level masyarakat, keterlibatan aktif orang tua dan masyarakat dalam memperkaya pengalaman belajar anak dan juga membangun jembatan pemahaman antar kelompok budaya di masyarakat. Kebaruan dari penelitian meliputi kerangka konseptual pendidikan multikultural yang aplikatif dan kontekstual untuk PAUD, menempatkannya dalam pendekatan transformasi, menjadi kontribusi orisinal terhadap pengembangan kurikulum dan praktik PAUD yang berbasis keberagaman. Implikasi pada penelitian ini meliputi: (a) pengembangan kurikulum inklusif, (b) peran sekolah sebagai agen transformasi, (c) peran masyarakat untuk memperkaya dan memperluas partisipasi, (d) pembentukan nilai luhur sejak dini, serta (e) pedoman nasional yang mendukung pendidikan multikultural di PAUD.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025