Cokroaminoto Journal of Primary Education
Vol. 8 No. 1 (2025): Januari - Maret 2025

Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di SDN Gereneng

Putri, Rika Karina (Unknown)
Erfan, Muhammad (Unknown)
Nurwahidah, Nurwahidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2025

Abstract

Urgensi penelitian ini terletak pada kebutuhan untuk mengatasi rendahnya minat dan pemahaman siswa terhadap materi perubahan wujud zat benda, yang seringkali dianggap sulit dan membosankan, dengan mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dan interaktif, seperti media Pop-Up Book, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan keterlibatan siswa di SDN Gereneng. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media Pop-Up Book pada pelajaran IPAS kelas IV materi wujud zat benda. Penelitian ini menggunakan pengembangan model ADDIE yang terdiri dari analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini dilakukan di SDN Gereneng tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket untuk mengukur tingkat kevalidan media dengan menggunakan skala Likert dan dikonversikan dengan rumus perhitungan rata-rata. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan skor 89% dikategorikan sangat valid dan oleh ahli media sebesar 87% dikategorikan sangat valid. Hasil uji coba menunjukkan bahwa media ini sangat praktis dengan persentase respon siswa sebesar 90% dikategorikan sangat praktis dan respon guru sebesar 86% dikategorikan sangat praktis. Hasil seluruh penilaian menunjukkan bahwa media Pop-Up Book dinyatakan sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cjpe

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

The focus of this journal is primary education, which covers related aspects such as students, teachers, teaching materials, evaluation and assessment, curriculum, and lesson ...