Rendahnya kemampuan membaca siswa kelas I SDN 25 Limbuang menjadi pendorong untuk melakukan penelitian ini. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media flash card meningkatkan pemahaman membaca siswa pada materi suku kata dalam bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model Kemmis dan McTaggart dengan empat tahapan dalam setiap siklus: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 12 siswa kelas I SDN 25 Limbuang yang mengalami kesulitan membaca, dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi aktivitas guru, tes kemampuan membaca, dan dokumentasi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Keberhasilan ditandai dengan 80% siswa mencapai kategori baik, serta peningkatan nilai dan aktivitas belajar. Berdasarkan temuan penelitian yang menggunakan media flash card untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi suku kata pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan nilai observasi kemahiran membaca siswa pada materi suku kata siklus I dan pada pelaksanaan pembelajaran menggunakan media flash card mencapai kategori sangat baik persentase 33,33%. Pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 91,66% dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media flash card pada siswa kelas I SDN 25 Limbuang dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa.
Copyrights © 2025