Cokroaminoto Journal of Primary Education
Vol. 8 No. 2 (2025): April - Juni 2025

Pengaruh Alat Permainan Edukatif Portable Sensory Path terhadap Pemahaman Budaya Indonesia pada Anak Usia Dini di TK An-Najwa

Nurjannah, Sintia (Unknown)
Masitah, Widya (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman budaya pada anak usia dini masih tergolong kurang optimal, yang dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurang menariknya media pembelajaran yang digunakan serta terbatasnya ketersediaan Alat Permainan Edukatif (APE) yang sesuai dengan karakteristik anak. Padahal, pemahaman budaya sejak dini penting untuk membentuk identitas dan nilai-nilai kebangsaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan APE Portable Sensory Path terhadap pemahaman budaya Indonesia pada anak usia dini di TK An-Najwa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental) model One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian berjumlah 30 anak usia 5–6 tahun yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda bergambar dan lembar observasi. Uji validitas dilakukan menggunakan Aiken’s V, reliabilitas diuji menggunakan Alpha Cronbach, dan analisis data dilakukan dengan uji non-parametrik Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara penggunaan APE Portable Sensory Path terhadap peningkatan pemahaman budaya anak. Rata-rata skor pre-test sebesar 5,87 meningkat menjadi 13,63 pada post-test, dengan distribusi skor post-test yang lebih merata dan simetris (skewness -0,045), mengindikasikan peningkatan yang konsisten di seluruh subjek. Peningkatan ini menunjukkan bahwa APE Portable Sensory Path tidak hanya efektif dalam menyampaikan materi budaya secara lebih konkret dan menarik, tetapi juga mampu menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan. Dengan demikian, media ini dapat menjadi salah satu alternatif strategi pembelajaran yang relevan dan aplikatif bagi guru PAUD dalam mengembangkan pemahaman budaya anak sejak usia dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cjpe

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

The focus of this journal is primary education, which covers related aspects such as students, teachers, teaching materials, evaluation and assessment, curriculum, and lesson ...