BudAI: Multidisciplinary Journal of Islamic Studies
Vol 4, No 1 (2025)

Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Ilustrasi Buku Anak “Dhikr For Kids” Karya Farah Kureshi

Syadida, Nadia Bella Dina (Unknown)
Haryadi, Sugeng (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam ilustrasi ketujuh dan delapan buku anak “Dhikr for Kids” karya Farah Kureshi. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode analisis konten (content analysis) guna memahami bagaimana ilustrasi dalam buku tersebut menyampaikan nilai-nilai pendidikan Islam secara visual. Sumber data penelitian ini terdiri dari isi buku  “Dhikr for Kids”, wawancara dengan ilustrator dari buku tersebut, dan pembaca. Data sekunder diperoleh dari literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ilustrasi ketujuh dan delapan dalam buku “Dhikr For Kids” mengandung nilai-nilai pendidikan Islam berupa aspek akidah dan syariat, yang diimplementasikan melalui elemen- elemen yang beragam, seperti warna, orang, tumbuhan, buah-buahan, pakaian, elemen alam, tulisan, bangunan, serta benda-benda tak hidup lainnya, seperti tasbih dan mutiara. Ilustrasi sudah tepat dalam menyampaikan nilai-nilai pendidikan Islam. Sebagai implikasi, diharapkan kepada pihak-pihak yang berkepentingan dalam pendidikan dapat memanfaatkan ilustrasi sebagai media pembelajaran dan penelitian untuk memperkuat fungsi nilai-nilai pendidikan Islam dalam karya ilmiah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

budai

Publisher

Subject

Religion

Description

BudAI: Multidisciplinary Journal of Islamic Studies is a peer-reviewed journal published by Lembaga Kajian dan Penerapan Nilai-nilai Islam (LKPI) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula), Indonesia. The journal publishes research articles, conceptual articles, reports field studies and book reviews ...