Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial
Vol. 4 No. 2 (2025): Juli

Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI-12 di SMA Negeri 8 Pekanbaru

Caska (Unknown)
Leni Rosmita (Unknown)
Cah Dayani Saragih (Unknown)
Rahmayani (Unknown)
Risa Oktaviona (Unknown)
Yosi Sefrina (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi jurnal umum dalam perusahaan jasa. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dengan masing-masing siklus mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-12 SMA Negeri 8 Pekanbaru yang berjumlah 46 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes dan observasi sebagai teknik utama, serta angket pengamatan sebagai teknik pendukung. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam keaktifan belajar siswa, dengan nilai ketuntasan yang semula sebesar 46% pada siklus pertama meningkat menjadi 85% pada siklus kedua. Temuan ini menunjukkan bahwa model PBL efektif dalam membangkitkan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran, terutama pada materi yang bersifat aplikatif dan menuntut pemahaman konseptual. Implikasi teoritis dari penelitian ini memperkuat teori konstruktivisme yang menekankan pentingnya keterlibatan aktif siswa dalam membangun pengetahuan. Sementara itu, secara praktis, penelitian ini memberikan alternatif strategi pembelajaran yang dapat diadopsi oleh pendidik untuk meningkatkan kualitas interaksi dan pemahaman siswa dalam pembelajaran akuntansi di tingkat sekolah menengah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipsi

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

he focus of this JIPSI journal is based on the results of educational research that contributes to the understanding, improvement, development of scientific theories and concepts and their application to education in Indonesia. The scope of education includes educational administration, guidance, ...