InComTech: Jurnal Telekomunikasi dan Komputer
Vol 14, No 1 (2024)

Analisis Sentimen Netizen Twitter Terhadap Pelayanan Provider Telkomsel: Komparasi Naive-Bayes dan K-Nearest Neighbors

Ariftiarno, Reza (Unknown)
Dwijayanti, Monica (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 May 2024

Abstract

Penggunaan media sosial secara masif saat ini menghadirkan berbagai macam respon masyarakat terhadap suatu hal. Misalnya pada informasi-informasi terkait utang Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Indonesia. Salah satu BUMN yang terbesar adalah PT Telkom Indonesia (Persero) yang memiliki produk berupa provider jaringan bernama Telkomsel. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana sentimen netizen terhadap provider Telkomsel di Twitter dan mengetahui algoritma dengan akurasi terbaik yang dapat digunakan untuk memprediksi sentimen netizen terkait provider Telkomsel. Hasil dari penelitian menunjukan terdapat sentimen kurang puas sebesar 89,3%. Selain itu, algoritma K-NN memiliki akurasi terbaik dibandingkan algoritma Naïve Bayes dalam memprediksi sentimen netizen terhadap pelayanan provider Telkomsel.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Incomtech

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Program Studi Magister Teknik Elektro UMB menerbitkan Jurnal InComTech sebagai wadah bagi para akademisi, praktisi dan penggiat lainnya dalam bidang telekomunikasi dan computer (Information and Communication Technology/ICT) untuk menerbitkan karya tulisnya. Bidang-bidang yang menjadi bahasan jurnal ...