This study aims to analyze the effect of curriculum changes on student academic achievement through literature study. This type of research uses literature studies using qualitative methods, namely research that uses materials sourced from journals related to education, especially the curriculum. The results of this research show that curriculum changes can have both positive and negative impacts on the quality of education. On the one hand, the positive impact of curriculum changes is the opportunity for students to learn to adapt to increasingly advanced developments. However, on the other hand, the negative impact is the emergence of new challenges for students, where rapid curriculum changes can cause a decline in academic achievement. This happens because many students are not yet able to follow the new learning system.ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perubahan kurikulum terhadap prestasi akademik siswa melalui studi literatur. Penelitian ini menggunakan studi literatur metode kualitatif yaitu penelitian yang menggunakan bahan-bahan materi yang bersumber dari jurnal yang berkaitan dengan pendidikan terutama pada kurikulum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perubahan kurikulum dapat memberikan dampak positif dan negatif terhadap kualitas pendidikan. Di satu sisi, dampak positif dari perubahan kurikulum adalah kesempatan bagi siswa untuk belajar menyesuaikan diri dengan perkembangan yang semakin maju. Namun, di sisi lain, dampak negatifnya adalah munculnya tantangan baru bagi siswa, di mana perubahan kurikulum yang cepat dapat menyebabkan penurunan prestasi akademik. Hal ini terjadi karena banyak siswa yang belum mampu mengikuti sistem pembelajaran yang baru.
Copyrights © 2025