Penelitian ini mengkaji integrasi prinsip-prinsip arsitektur Islam dalam konsep desain bangunan baru SMA IT Nur Hidayah di Pucangan, Kartasura, sebagai respons terhadap peningkatan signifikan jumlah siswa dan keterbatasan fasilitas yang ada. Fokus utama penelitian adalah mengembangkan solusi desain yang memadukan nilai-nilai arsitektur Islam dengan kebutuhan fasilitas pembelajaran modern, untuk mengatasi masalah kekurangan ruang kelas dan keterbatasan fasilitas pendukung. Metodologi penelitian meliputi studi literatur, analisis data sekunder, observasi lapangan, wawancara dengan stakeholder, dan pengembangan konsep desain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi prinsip arsitektur Islam dapat dicapai melalui penataan ruang yang mempertimbangkan privasi dan segregasi gender, penggunaan elemen arsitektur seperti courtyard dan mashrabiya untuk meningkatkan efisiensi energi, serta penerapan ornamentasi geometris Islami. Konsep desain yang dihasilkan tidak hanya memenuhi kebutuhan fungsional sekolah modern tetapi juga menciptakan lingkungan pembelajaran yang nyaman, efisien, dan selaras dengan nilai-nilai Islam. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan model fasilitas pendidikan Islam yang responsif terhadap kebutuhan kontemporer dan memperkaya diskusi tentang adaptasi arsitektur Islam dalam konteks pendidikan modern di Indonesia.
Copyrights © 2025