Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan secara komprehensif pengaruh penggunaan model pembelajaran flipped classroom berbantuan google workspace for education terhadap kreativitas dan kolaborasi peserta didik pada pembelajaran mata pelajaran IPS pada salah satu SMP Negeri di Kabupaten Bandung Barat, Jawa barat. Metodologi yang digunakan adalah penelitian kuantitatif metode quasy eksperimen menggunakan teknik regresi linier, instrumen yang digunakan adalah lembar kuisioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama terdapat pengaruh langsung positif dari penggunaan model pembelajaran flipped classroom berbantuan google workspace for education terhadap kreativitas peserta didik dengan nilai koefisien korelasi 0,947 dan nilai determinasi pengaruh r square = 0,898. Kedua, terdapat pengaruh langsung positif dari penggunaan model pembelajaran flipped classroom berbantuan google workspace for education terhadap kolaborasi peserta didik dengan nilai koefisien korelasi 0,964 dan nilai determinasi pengaruh r square = 0,930. Hasil penelitan yang ketiga yaitu terdapat hubungan positif antara kreativitas peserta didik dengan kolaborasi peserta didik dengan nilai koefisien korelasi = 0,983.
Copyrights © 2025