Literasi sains dan numerasi diperlukan masyarakat modern untuk menghadapi berbagai permasalahan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sayangnya berdasarkan tes PISA, literasi sains dan numerasi anak-anak Indonesia tergolong sangat rendah. Guna mendukung literasi sains dan numerasi, pada kegiatan ini, konsep himpunan fuzzy dikenalkan kepada siswa-siswa SMA-SMK Kartini Palembang. Penguasaan tentang konsep keanggotaan himpunan secara umum (himpunan crisp) dan keanggotaan himpunan fuzzy beserta contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari diberikan kepada siswa untuk memberikan kemudahan dalam memahami materi. Penilaian kemampuan diberikan dalam bentuk pra-test dan post test. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa literasi sains dan numerasi khalayak sasaran meningkat signifikan. Uji beda rata-rata kedua kelompok nilai pra-test dan post-test dengan tingkat signifikansi 5 % untuk khalayak sasaran menunjukkan bahwa kedua kelompok memiliki perbedaan yang signifikan, Hasil ini juga menginfomasikan bahwa rata-rata nilai post-test secara signifikan mengalami peningkatan. Artinya kegiatan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memberikan implikasi yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan literasi dan numerasi mereka.
Copyrights © 2025