Penerapan pembelajaran quantum dalam pelaksanaan pemecahan masalah memiliki tujuan agar diperoleh deskripsi pelaksanaan pembelajaran quantum yang dilakukan seorang guru saat melakukan penyelesaian masalah terkait kejenuhan siswa khususnya di kelas VIII SMP Nurul hikmah saat mempelajari matematika. Metode proses memecahkan masalah disini merupakan deskripsi kualitatif. Objeknya guru kelas VIII SMP Nurul Hikmah tahun pelajaran 2023 - 2024. Data diperoleh dengan melakukan pengamatan, tanya jawab dan pengambilan dokumen terkait. Berdasarkan teori miles dan huberman yang berisikan tentang penyederhanaan data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan data. Penerapan ini menghasilkan 6 komponen pembelajaran quantum diantaranya tumbuhkan, alami, namai, demontrasi, ulangi dan rayakan. Menurut proses penerapan tersebut menghasilkan peningkatan output pembelajaran pada siswa. Penerapan pembelajaran quantum mengarahkan siswa agar aktif melakukan pembelajaran dan meningkatkan performa siswa di kelas. Sehingga pembelajaran quantum dapat menurunkan tingkat kejenuhan siswa kelas VIII SMP Nurul Hikmah dalam belajar matematika serta menjadikan siswa lebih termotivasi .
Copyrights © 2025