ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui latar belakang munculnya pedagang cakar di Kabupaten Wajo, (2) pengalaman dan tantangan yang mereka hadapi, serta (3) strategi bertahan dan berkembang di tengah persaingan. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemunculan pedagang cakar di Wajo dipengaruhi oleh faktor sosial, ekonomi, dan budaya, dimulai sejak tahun 1980-an dari Kabupaten Sidrap. (2) Pengalaman pedagang cakar menunjukkan bahwa keberhasilan usaha mereka sangat bergantung pada persiapan matang, interaksi efektif dengan pelanggan, dan manajemen stok yang baik. Selain itu, kemampuan beradaptasi dengan tantangan persaingan dan regulasi juga penting. (3) Untuk menarik dan mempertahankan pelanggan, mereka menerapkan strategi harga kompetitif, pemilihan barang berkualitas, serta membangun jaringan sosial yang kuat. Kombinasi faktor-faktor ini memungkinkan mereka bersaing di pasar yang padat sambil memenuhi kebutuhan konsumen yang mengutamakan nilai ekonomis dan kualitas.
Copyrights © 2025