ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan nilai-nilai pancasila dalam kegiatan belajar-mengajar di SMA Negeri 6 Maros. Untuk mencapai tujuan itu maka di tempuh metode penelitian kualitatif dengan cara observasi. wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dan diinterpretasi berdasarkan teori dan hasil penelitian yang relevan. Hasil penelitian menujukkan bahwa penerapan nilai-nilai pancasila dalam kegiatan belajar mengajar di SMA Negeri 6 Maros mengupayakan membangun karakter dan kesadaran nasional siswa, nilai-nilai tersebut diintegrasikan ke dalam kurikulum, kegiatan ektstrakulikuler dan pendidikan karakter untuk mengembangkan empati, toleransi dan kesadaran sosial. dengan demikian, siswa dapat memahami dan mengenternalisasi nilia-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari, serta menjadi warga Negara yang cerdas, dan peduli terhadap bangsa dan Negara.
Copyrights © 2025