Jurnal Citra Pendidikan Anak
Vol. 5 No. 2 (2025): Jurnal Citra Pendidikan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBASIS COMPUTATIONAL THINKING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI TITL DI SMKN 5 SURABAYA

Shinta Putri Ikadayani (Unknown)
Sefia Tirania Stefani (Unknown)
Taufik Galih Bayu Wicaksono (Unknown)
Oky Dwi Hartriyono (Unknown)
Solihah, Zumrotus (Unknown)
Syaifulizan Nur Ikhsan Hanif (Unknown)
Nur Kholis (Unknown)
Donafian Indratama (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMKN 5 Surabaya akibat ketidakterlaksanaan tahapan PjBL secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model PjBL berbasis computational thinking. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian terdiri dari 32 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar dari 62,50% pada pra tindakan menjadi 90,63% pada siklus II, serta peningkatan keterlaksanaan model pembelajaran dari 83,33% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Model PjBL berbasis computational thinking terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jcp

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Citra Pendidikan mengkaji tentang hasil hasil penelitian dalam bidang: 1. Pendidikan (Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah, Pendidikan Tinggi, Pendidikan Vokasi) 2. Pembelajaran dan Media Pembelajaran 3. Pengembangan model/program ...