Jurnal Kajian Islam dan Sosial Keagamaan
Vol. 2 No. 4 (2025): April - Juni

Keterampilan Menggunakan Variasi dalam Mengajar untuk Meningkatkan Antusiasme Siswa

Dhiyaul Auliyah, Diva Dhiyaul Auliyah (Unknown)
liana, Rosa (Unknown)
Faelasup (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2025

Abstract

Pembelajaran yang efektif tidak hanya bergantung pada materi ajar, tetapi juga sangat ditentukan oleh kemampuan guru dalam mengelola dinamika kelas dan menjaga antusiasme siswa. Salah satu keterampilan penting yang berperan besar dalam hal ini adalah kemampuan guru dalam menggunakan variasi dalam mengajar. Variasi mencakup beragam aspek, seperti gaya komunikasi, metode pembelajaran, penggunaan media, bentuk kegiatan, dan pola interaksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana keterampilan menggunakan variasi dalam mengajar dapat meningkatkan antusiasme siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kajian pustaka (literature review), yang menganalisis berbagai teori, hasil penelitian terdahulu, dan sumber literatur ilmiah yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi dalam mengajar mampu menciptakan suasana kelas yang interaktif, menyenangkan, dan mampu mengurangi kejenuhan siswa. Penerapan variasi juga terbukti efektif dalam menjangkau keragaman gaya belajar siswa, meningkatkan motivasi intrinsik, serta mendorong keterlibatan kognitif dan emosional siswa. Dengan demikian, keterampilan ini menjadi salah satu kunci penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan semangat belajar siswa secaramenyeluruh.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jkis

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Kajian Islam dan Sosial Keagamaan (E-ISSN : 3026-2003) yang diterbitkan oleh CV.ITTC Indonesia fokus menerbitkan artikel penelitian bidang kajian Agama Islam. Ruang lingkupnya meliputi (1) teologi Islam; (2) hukum Islam; (3) pendidikan Islam; (4) Mistisisme dan Filsafat Islam; (5) ekonomi ...