Saat mengerjakan skripsi, tidak sedikit mahasiswi mengalami kecemasan akademik karena berbagai hambatan yang dihadapi dalam prosesnya dan membuat mereka merasa tidak yakin apakah dapat menyelesaikan skripsi tepat waktu. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk melihat dan menjelaskan pengaruh fear of failure terhadap kecemasan akademik mahasiswi yang sedang menyusun skripsi. Beberapa implikasi seperti usia, asal perguruan tinggi dan program studi juga diteliti. Data dikumpulkan dengan skala The Performance Failure Appraisal Inventory dan kuesioner kecemasan akademik kemudian dianalisis dengan menggunakan uji deskriptif, regresional, normalitas dan linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara khusus ada pengaruh fear of failure terhadap kecemasan akademik mahasiswi yang sedang menyusun skripsi (nilai sig. <0.05) dengan kontribusi sebesar 50% dan nilai konstanta sebesar 46.332, dengan koefisien regresi sebesar 0.493 serta nilai t sebesar 18.939. Hasil ini menunjukkan arah yang positif, artinya semakin tinggi tingkat fear of failure, maka semakin tinggi pula tingkat kecemasan akademik pada mahasiswi yang sedang menyusun skripsi. Penelitian ini menunjukkan bahwa fear of failure berperan signifikan dalam meningkatkan kecemasan akademik mahasiswi yang sedang menyusun skripsi di Kota Makassar. Fear of failure, baik terkait ekspektasi diri maupun orang lain, mempengaruhi kesejahteraan mental dan kinerja akademik seperti kecemasan akademik. Oleh karena itu, diperlukan dukungan psikologis dari institusi pendidikan untuk membantu mahasiswa mengelola kecemasan dan mengatasi fear of failure, guna meningkatkan kinerja dan kesejahteraan akademis mereka.
Copyrights © 2025