Getsempena Health Science journal
Vol. 3 No. 2 (2024)

KEPUASAN PASIEN JKN TERHADAP PELAYANAN PETUGAS REKAM MEDIS PADA PENDAFTARAN RAWAT INAP PENYAKIT DALAM DI RUMAH SAKIT PERTAMEDIKA

Nurpida (Unknown)
Oriza Sativa (Unknown)
Zulfahmi (Unknown)
Nur Agustina (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Kepuasan pasien adalah tingkat perasaan seseorang setelah menerima pelayanan yang dirasakan dan membandingkan dengan harapannya. Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana kepuasan pasien jaminan kesehatan nasional terhadap pelayanan petugas rekam medis pada pendaftaran rawat inap penyakit dalam di RSPUR. Penelitian ini dilakukan diruang rawat inap. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif. Sampel pada penelitian ini berjumlah 78 orang pasien JKN. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan pasien JKN rawat inap Ditinjau dari 5 dimensi yaitu: dimensi Jaminan (Assurance) yang menyatakan Sangat puas (80,8%), Empati (Emphaty) yang menyatakan Sangat puas (61,5%), Keandalan (Reliability) yang menyatakan puas (34,6%), Daya Tanggap (Responsiveness) yang menyatakan Sangat puas (57,6%), Bukti Langsung (Tangible) yang menyatakan Cukup puas (37,1%), dan kepuasan pasien jaminan kesehatan nasional yang menyatakan sangat puas (48,7%). Disarankan untuk petugas rekam medis agar dapat mempertahankan tingkat kepuasan pasien dirumah sakit

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ghsj

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

GHSJ/ Getsempena Health Science Journal is a publication media for the scope of health sciences to support science in the health ...