Pendahuluan: Bullying merupakan perilaku tidak menyenangkan baik secara verbal, fisik, ataupun sosial di dunia nyata maupun dunia maya yang membuat seseorang merasa tidak nyaman, sakit hati dan tertekan baik dilakukan oleh perorangan ataupun kelompok. Tujuan: penelitian ini untuk menganalisis perilaku mengenai pengetahuan, sikap, tindakan korban bullying terhadap kemampuan sosial remaja di sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Banjar. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional, sampel penelitian sebanyak 72 responden dari keseluruhan jumlah populasi kelas X MAN 4 Banjar yang berjumlah 253 orang, teknik sampling yang digunakan adalah Purposive sampling. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan faktor yang berpengaruh terhadap kemampuan sosial pada remaja siswa MAN 4 Banjar adalah pengetahuan, sikap, dan tindakan dengan nilai p < (0,05) dengan Uji Chi-Square Kesimpulan: kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh siswa berpengetahuan baik tentang bullying , sikap dan tindakan juga berpengaruh positif terhadap kemampuan sosial siswa.
Copyrights © 2025