Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa
Vol. 3 No. 5 (2025): Juli

Menghidupkan Tradisi Pacu Jalur Kebanggaan Kuantan Singingi melalui Sosialisasi Edukatif di SDN 6 Pekanbaru: Melestarikan Warisan, Menanamkan Identitas Lokal

Hariyanto, Gebby Amara Putri Sugeng (Unknown)
Mairoza, Mairoza (Unknown)
Utami, Ajeng Ayun Dining (Unknown)
Salsabilla, Ramadhani Adinda (Unknown)
Khairani, Yashinta (Unknown)
Hudi, Ilham (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2025

Abstract

Tradisi Pacu Jalur merupakan warisan budaya takbenda yang berasal dari Kabupaten Kuantan Singingi, Riau, dan memiliki nilai-nilai kearifan lokal yang penting untuk dikenalkan sejak dini kepada generasi muda. Pengabdian ini dilaksanakan di SDN 6 Pekanbaru dengan tujuan untuk menanamkan kesadaran budaya dan memperkuat identitas lokal melalui pemahaman terhadap tradisi Pacu Jalur. Kegiatan ini menggunakan metode sosialisasi dan penyuluhan dengan pendekatan edukatif dan partisipatif melalui empat tahapan, yaitu identifikasi awal, perizinan, pelaksanaan sosialisasi, dan evaluasi. Hasil sosialisasi menunjukkan bahwa siswa-siswi menunjukkan antusiasme tinggi, aktif dalam diskusi, serta mulai memahami nilai-nilai gotong royong, kebersamaan, dan cinta budaya lokal. Sosialisasi ini terbukti efektif sebagai media pembelajaran karakter serta sebagai upaya pelestarian budaya daerah di kalangan peserta didik sekolah dasar

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmba

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Energy Health Professions Industrial & Manufacturing Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Medicine & Pharmacology Nursing Physics Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa published every month (12 times a year), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, ...