Latar belakang penelitian ini adalah untuk pengembangan media pembelajaran yang lebih interaktif, salah satunya melalui E-Modul, guna memfasilitasi proses belajar mengajar secara mandiri dan fleksibel. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul berbasis Inkuiri Terbimbing pada materi Keanekaragaman Hayati untuk kelas X SMA, yang dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam Kurikulum Merdeka. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui rancang bangun, kepraktisan, dan validitas media E-Modul tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian pengembangan ASSURE. Pada tahap pengembangan media, dilakukan uji validitas media dan uji validitas materi E-Modul, yang masing-masing dilakukan oleh dua orang dosen yang sesuai dengan bidangnya. Perhitungan validitas menggunakan perhitungan Gregory. Uji kepraktisan dilakukan di SMA Negeri 1 Sukasada pada kelas XA, dengan melibatkan uji coba perorangan (3 peserta didik) dan uji coba kelompok kecil (12 peserta didik) dengan perhitungan skala likert dengan interval 1-4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Modul berbasis Inkuiri Terbimbing sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan. Uji validitas menghasilkan nilai koefisien Validitas Gregory (KGV) sebesar 1, yang masuk dalam kategori sangat valid. Sementara itu, nilai kepraktisan memperoleh skor sebesar 89,65%, yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Kata kunci: strategi konstruktivisme, modul digital interaktif, pendekatan ilmiah, biodiversitas
Copyrights © 2025