Education and Counseling Journal
Vol 5 No 2 (2025): Edisi: Agustus

SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR

Mustika, Dea (Unknown)
Zahra, Miftahul Annisa (Unknown)
Putri, Diana (Unknown)
Daniela, Annisa Azzahra (Unknown)
Anjani, Aulia (Unknown)
Wulan, Wulandari (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2025

Abstract

Artikel ini membahas efektivitas pembelajaran tematik di sekolah dasar melalui tinjauan sistematis terhadap literatur yang relevan. Tujuan penelitian adalah untuk mengevaluasi bagaimana pendekatan tematik dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR), dengan analisis terhadap 7 artikel yang memenuhi kriteria inklusi dari database Google Scholar. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran tematik meningkatkan keterlibatan siswa, pemahaman konsep, dan hasil belajar yang signifikan. Berbagai model pembelajaran seperti Role Playing, Discovery Learning, dan Blended Learning terbukti efektif dalam konteks ini. Pembahasan menekankan pentingnya kreativitas guru dan dukungan lingkungan belajar untuk keberhasilan pembelajaran tematik. Kesimpulannya, penerapan pembelajaran tematik dapat memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa dan kualitas pendidikan di Indonesia. Penelitian ini menyarankan untuk memperluas sumber studi dalam penelitian mendatang guna mendapatkan gambaran yang lebih komprehensif tentang efektivitas pembelajaran tematik. Kata Kunci : Efektivitas, Pembelajaran Tematik, Sekolah Dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

consilium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal consilium adalah jurnal bidang pendidikan dan konseling untuk semua jenjang pendidikan yakni Sekolah Dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), hingga perguruan tinggi (PT). jurnal consilium merupakan cerminan aspirasi guru-guru di SD – SMA yang membutuhkan ...