Resiliensi diri adalah suatu ketangguhan atau kemampuan untuk bangkit kembali yang dimiliki oleh seseorang setelah menghadapi kesulitan yang didapat melalui berbagai latihan dan dukungan dari lingkungan sekitarnya. Tujuan penelitian untuk meningkatkan resiliensi diri anak melalui media kokoru. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah anak kelompok usia 4-5 tahun di TK Cipta Cendekia Bangsa Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2023/2024 yang berjumlah sepuluh anak. Pengumpulan data dengan metode observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan prosentase. Hasil data resiliensi diri anak pada siklus I sebesar 78% dan pada siklus II 90%. Terjadi peningkatan resiliensi diri anak sebesar 10,2%. Disimpulkan bahwa penerapan kegiatan bermain dengan media kokoru dapat meningkatkan resiliensi diri anak usia 4-5 tahun di TK Cipta Cendekia Bangsa.
Copyrights © 2025