Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya motivasi siswa Kelas II UPTD SDN 01 Talang Anau pada pembelajaran Tematik. Rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Tematik dipengaruhi oleh media dan model pembelajaran guru yang kurang menarik, sehingga siswa merasa bosan pada saat pembelajaran. Hal ini terlihat dari siswa malas mengerjakan tugas yang diberikan, malu mengungkapkan pertanyaan dan ingin pembelajaran cepat berakhir. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Subjek dalam penelitian siswa kelas II UPTD SDN 01. Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam 2 siklus. Adapun langkah-langkah siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Cara pengambilan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi aktivitas peserta didik saat KBM. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh bahwa model Problem Based Learning dapat memotivasi siswa karena. Hal ini dapat dilihat (1) Siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, (2) Siwa mau terlibat dalam memecahkan masalah sehingga dapat mengembangkan cara berfikir siswa, (3) Siswa mau bertanya ketika mengalami kesulitan sehingga dapat terbantu untuk menemukan pengetahuan baru, (4) Berusaha mencari informasi yang dapat diperlukan untuk pemecahan. Implikasi penelitian ini dapat membantu guru dalam memilih penerapan model pembelajaran yang tepat untuk memotivasi belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat peningkatan motivasi siswa dari 33,71% menjadi 78,66% dengan model PBL.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025