Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan mengukur efektivitas E-Book Interaktif Storytelling dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Labschool UNNES pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) dengan topik Cerita Tentang Daerahku. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg dan Gall. Teknik pengumpulan data meliputi tes (pretest dan posttest), observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji t, dan perhitungan N-gain. Pengembangan E-Book Interaktif Storytelling mencakup teks naratif, ilustrasi, audio, kuis berbasis Quizizz, dan format Flipbook, sehingga pembelajaran lebih menarik. Hasil uji kelayakan oleh ahli materi (97,14%) dan ahli media (88,33%) menunjukkan kategori sangat layak, didukung oleh penilaian dari guru (95%) dan siswa (98,46%). Uji efektivitas menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari 65,92 menjadi 85, dengan hasil uji t signifikan (0,01 < 0,05) dan skor N-Gain sebesar 0,56 (kategori sedang). Kesimpulannya, E-Book Interaktif Storytelling sangat layak dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa serta menjadi solusi inovatif untuk pembelajaran interaktif.
Copyrights © 2025