Journal of Classroom Action Research
Vol. 7 No. 2 (2025): Mei 2025

Pengaruh Model RADEC (Read-Answer-Discuss-Explain-Create) Terhadap Literasi Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres Bollangi 1

Jamal, Miftahul Jannah (Unknown)
Imran, Muh. Erwinto (Unknown)
Anisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi digital berbasis youtube terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis eksperimen. Desain peneliian true experimental design dengan tipe pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan angket yang disebarkan kepada 62 siswa, Adapun pengambilan sampel yaitu sampel jenuh seluruh poplasi siswa kelas VII (62 siswa) diambil dan dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kolerasi yang signitifikan (kuat) antara literasi digital berbasis youtube dengan hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 28 Makassar. Besarnya pengaruh literasi digital berbasis youtube terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 28 Makassar sesbesar 61,4% sedangkan sisanya 38.6% dipengaruhi factor lain. Adapun kemampuan literasi digital berbasis youtube siswa diantaranya dalam kategori Sangat Tinggi 28,13%, kategori Tinggi 53,125%, kategori Rendah 15,625%, kategori Sangat Rendah 3,125%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa literasi digital berbasis youtube berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 28 Makassar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...