Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMP melalui pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis model problem based learning (PBL) diintegerasikan dengan Ekowisata Sebau. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan model 4D. Model ini terdiri dari empat tahap pengembangan, yaitu Define, Design, Develop, and disseminate. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMPN 2 Wanasaba yang berjumlah 47 orang. Data kemampuan berpikir kritis peserta didik diperoleh dari hasil tes uraian yang diberikan pada awal (pre-test) dan akhir pembelajaran (post-test). Peningkatan keterampilan berpikir kritis dihitung berdasarkan nilai N-gain. Hasil penelitian menunjukkan nilai N-gain sebesar 74,61% berada pada kategori peningkatan hasil belajar yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan modul pembelajaran IPA berbasis model Problem Based Learning (PBL) diintegerasikan dengan Ekowisata Sebau meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik secara signifikan.
Copyrights © 2025