Computing Jurnal Informatika
Vol. 12 No. 01 (2025): Computing Jurnal Informatika | Volume 12 Nomor 01 Bulan Juni Tahun 2025

RANCANG BANGUN GAME NARRATIVE STORY DENGANMENGGABUNGKAN METODE SCRUM DAN GAME DEVELOPMENT LIFECYCLE.DI PT KINEMA SYSTRANS MULTIMEDIA

Yudi Herdiana (Unknown)
Tresnati, Ratih (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

ABSTRAK: Industri game lokal memiliki potensi besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia. Sebagai upaya mendukung hal tersebut, dikembangkan sebuah game edukatif yang mengangkat tema budaya Indonesia, ditujukan khusus untuk anak-anak. Game ini dirancang untuk memberikan pengalaman bermain yang menyenangkan sekaligus mendidik, dengan fokus utama pada pengenalan budaya serta nilai-nilai lokal. Tahapan awal pengembangan meliputi studi literatur terkait game edukasi dan kekayaan budaya Indonesia, serta analisis kebutuhan pengguna (anak-anak) sebagai target audiens. Proses pengembangan mencakup perancangan cerita interaktif, desain karakter yang ramah anak, ilustrasi elemen budaya Indonesia, serta penyusunan mekanika permainan yang mudah dipahami namun tetap menantang. Hasil akhir dari pengembangan ini adalah sebuah game edukatif yang menyajikan mini-game interaktif, eksplorasi cerita, dan pengenalan unsur-unsur budaya lokal secara menyenangkan. Diharapkan game ini tidak hanya menjadi media hiburan, tetapi juga berfungsi sebagai sarana edukasi yang efektif untuk meningkatkan minat dan kecintaan anak-anak terhadap budaya Indonesia, serta turut berkontribusi pada kemajuan industri game lokal. 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

computing

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Computing Jurnal Informatika invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The Scope topics include, but are not limited to: Software Engineering Communication and networks Data warehousing, filtering, and mining Enterprise system development and ...