Sistem i-Lab merupakan aplikasi berbasis web untuk mendukung pelaksanaan praktikum di Departement Informatika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Namun, sistem berbasis web yang saat ini digunakan dianggap belum memenuhi kebutuhan sebagian besar pengguna yang lebih sering menggunakan mobile phone. Berdasarkan survey awal, aplikasi mobile i-Lab diharapkan memiliki tampilan yang menarik dan user experience yang memuaskan. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah merancang antarmuka pengguna pada aplikasi iLab mobile menggunakan pendekatan Lean User Experience (Lean UX). Lean UX dianggap lebih sesuai dan efisien dalam proses perancangan user interface perangkat lunak dengan penggunaan sumber daya minimum. Dalam penelitian ini metode Lean UX diterapkan dalam dua iterasi dimana setiap iterasi terdiri dari tiga tahap: yaitu think (analisis), design (membuat MVP), dan test (pengujian dan analisis feedback). Evaluasi dilakukan pada tiap iterasi dalam Lean UX untuk mengetahui tingkat usability sesuai dengan perpektif pengguna. Hasil perancangan dievaluasi menggunakan System Usability Scale (SUS) dengan responden yang merupakan pengguna aplikasi. Berdasarkan pengujian, rancangan Skor akhir mendapatkan nilai “B” (rentang 80-85) dengan skor 81,75 yang termasuk dalam kategori tingkat acceptability range “Good” dan adjective rating “Excellent”.   Abstract The i-Lab system is a web-based application to support the implementation of practicum at the Department of Informatics, University of Muhammadiyah Malang (UMM). However, the web-based system currently used is considered not to meet the needs of most users who use mobile phones more often. Based on the initial survey, the i-Lab mobile application is expected to have an attractive appearance and a satisfying user experience. Therefore, the purpose of this research is to design a user interface on the iLab mobile application using a Lean User Experience (Lean UX) approach. Lean UX is considered to be more suitable and efficient in the process of designing user interface software with minimum resource usage. In this study, the Lean UX method is applied in two iterations where each iteration consists of three stages: think (analysis), design (make MVP), and test (test and analyze feedback). Evaluation is carried out at each iteration in Lean UX to determine the level of usability according to the user's perspective. The results of the design are evaluated using the System Usability Scale (SUS) with respondents who are application users. Based on the test, the final score design got a score of "B" (range 80-85) with a score of 81.75 which was included in the acceptability range category "Good" and the adjective rating "Excelent".
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025