JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika)
Vol. 9 No. 3 (2025): JATI Vol. 9 No. 3

RANCANG BANGUN GAME EDUKATIF PENGENALAN MAKANAN DAERAH KALIMANTAN TIMUR MENGGUNAKAN UNITY ENGINE

Amalia Syaputri, Istifah (Unknown)
Cahyono, Bambang (Unknown)
Zainul Rohman, Muchamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2025

Abstract

Makanan khas daerah merupakan salah satu warisan bangsa yang mulai terlupakan khususnya dalam kalangan anak muda. Banyaknya makanan dari negara lain yang masuk ke Indonesia merupakan faktor utama makanan khas tergeserkan. Game ini dibuat dalam upaya memperkenalkan kembali makanan khas daerah terhadap anak-anak, khususnya makanan khas daerah Kalimantan Timur. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman, apresiasi anak-anak terhadap makanan khas Kalimantan Timur melalui game edukatif. Penelitian ini menggunakan metode perancangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang mencakup tahapan konsep, desain, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian dan distribusi. Dari pengujian yang dilakukan pada 30 murid dari kelas 1 hingga 6, terlihat bahwa game mendapatkan respon yang baik. Data yang dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan ke siswa, kemudian diolah dengan metode skala likert. Hasil dari perhitungan kuesioner yaitu 89,4% yang menyatakan bahwa responden sangat setuju jika game membantu anak-anak mengenal makanan khas Kalimantan Timur. Penelitian ini diharapkan menjadi media dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman anak tentang makanan khas daerah Kalimantan Timur. Game ini dibuat menggunakan Unity Engine khususnya 2D yang akan diterapkan pada desktop. Hasil ini menunjukan bahwa game dapat menjadi media edukatif untuk melestarikan budaya kuliner daerah. Melalui penelitian ini diharapkan dapat menjadi langkah dalam meningkatkan pengetahuan serta minat anak-anak terhadap makanan khas daerah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jati

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Adalah jurnal mahasiswa yang diterbitkan oleh Teknik Informatika Institut Teknologi Nasional Malang, sebagai media publikasi hasil Skripsi Mahasiswa Teknik Informatika ke khalayak luas, diterbitkan secara berkala 6 kali setahun pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober, ...