E-commerce merupakan proses pembelian maupun penjualan produk secara elektronik Biasanya, industri ini akan melibatkan transaksi seperti transfer dana, pemasaran online, jual beli melalui internet Rekomendasi produk yang ada di media sosial ataupun official account e-commerce dapat mempengaruhi pembelian pelanggan, baik yang direncanakan maupun secara impulsif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak antara variabel kualitas informasi, dan kesamaan (similarity) terhadap minat beli pelanggan pada e-commerce, teknik pengambilan sampel menggunakan sample random sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang Analisis data menggunakan analisis deskriptif serta metode penelitian menggunakan metode kuantitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas informasi berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap minat beli, dan kesamaan (similarity) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli Pengujian secara simultan hasil menunjukkan kualitas informasi, dan kesamaan (similarity) berpengaruh signifikan terhadap minat beli Berdasarkan hasil temuan pada penelitian bahwa perusahaan yang memberikan kualitas informasi dan kesamaan (similarity) yang baik akan meningkatkan minat beli pelanggan pada e-commerce melalui sistem rekomendasi produk.
Copyrights © 2025