Penelitian ini digunakan untuk menilai keefektifan penerapan metode role play sebagai sarana pembelajaran dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa kelas IX di MTS Miftahul Muhtadin. Isu yang dibahas dalam penelitian ini adalah minimnya motivasi dan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran IPS yang hingga kini masih didominasi oleh metode ceramah. Pendekatan yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang meliputi langkah perencanaan, pelaksanaan, dan observasi dengan mengumpulkan data meliputi observasi, tes hasil belajar, dan wawancara. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode role play mampu meningkatkan keterlibatan siswa, memperdalam pemahaman materi, dan meningkatkan nilai rata-rata hasil belajar dari 68,5 menjadi 81,2. Di sisi lain, siswa menunjukkan semangat dan keterlibatan emosional yang lebih kuat dalam proses belajar. Dengan demikian, metode role play efektif digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang interaktif dan bermakna dalam mata pelajaran IPS.
Copyrights © 2025