Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VII C SMPN 1 Tengah Tani pada mata pelajaran IPA tahun pelajaran 2024/2025. Masalah yang dihadapi adalah rendahnya minat belajar siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model PTK menurut Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data minat belajar siswa menggunakan angket minat belajar dan juga observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa yaitu dari kegiatan prasiklus hasilnya sebesar 61% (kategori cukup), dan meningkat pada siklus I sebesar 70% (kategori baik), dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 80% (kategori sangat baik). Peningkatan ini menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis digital mampu meningkatkan minat belajar IPA siswa kelas VII C SMPN 1 Tengah Tani pada semester genap Tahun Pelajaran 2024/2025.
Copyrights © 2025