Penggunaan bahan bakar fosil seperti diesel sebagai sumber energi utama untuk kebutuhan sehari-hari maupun industri menghadapi tantangan tersendiri, seiring dengan meningkatnya kebutuhan energi dan menipisnya cadangan bahan bakar fosil yang ada. Mesin diesel dual fuel (DDF) dengan syngas dari gasifikasi biomassa sebagai bahan bakar sekunder merupakan solusi yang potensial. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengetahui kekuatan struktur sistem penyimpanan syngas menggunakan metode pemodelan dengan perangkat lunak SolidWorks 2024 dan simulasi berbasis analisis elemen hingga (FEA). Berdasarkan penelitian diperoleh desain tangki berbentuk silinder dengan penutup elipsoidal yang menggunakan material SA516-70, dengan dimensi diameter dalam 248 mm, ketebalan dinding 2,22 mm, dan panjang 340 mm, serta rangka dari baja tahan karat A316 dengan ukuran 987,4 × 384,8 × 843,45 mm. Hasil simulasi menunjukkan tegangan von Mises sebesar 94 MPa, displacement sebesar 0,003869 mm, dan faktor keamanan sebesar 2,8 untuk tangki, serta tegangan von Mises sebesar 5,882 MPa, displacement sebesar 0,182 mm, dan faktor keamanan sebesar 29 untuk rangkanya. Simulasi hidrostatik pada tangki menghasilkan tegangan von Mises maksimum sebesar 69,91 MPa dan displacement sebesar 0,00719 mm. Hasil ini menunjukan bahwa desain tangki dan rangka dianggap aman.
Copyrights © 2025