Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT)
Vol 6 No 1 (2025): Januari- Juni 2025

Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw Berbasis Media Ajar Konkret Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 13 Trans Rangkang Pada Pembelajaran Matematika

Yeni, Novri (Unknown)
Torimtubun, Hendrikus (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam memahami materi bangun ruang melalui penerapan Model Kooperatif Teknik Jigsaw berbasis Media Ajar Konkret yaitu jaring- jaring bangun ruang. Jenis penelitian yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang bertujuan sebagai solusi terhadap masalah-masalah pembelajaran yang terdapat di kelas V SDN 13 Trans Rangkang Kabupaten Bengkayang. Penelitian ini terdiri dari empat langkah yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi tindakan. Siklus ini berulang jika hasil pada siklus sebelumnya belum mencapai target yang diharapkan dengan mengikuti langkah-langkah yang sama, dengan penekanan pada pembelajaran melalui Model Kooperatif Teknik Jigsaw berbasis Media Ajar Konkret. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan teknik statistika sederhana. Dari penelitian yang dilakukan selama proses pembelajaran, ditemukan bahwa pada siklus I, terdapat 11 peserta didik (41%) dari total 27 peserta didik telah menunjukkan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika, khususnya materi bangun ruang, dan berhasil mencapai KKTP yang sudah ditetapkan yaitu 62. Pada siklus II, persentase tersebut meningkat menjadi 23 peserta didik (85%), dari 27 peserta didik yang berhasil mencapai KKTP. Rata-rata nilai postes peserta didik pada siklus I adalah 61,01, meningkat menjadi 79 pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan oleh peneliti yaitu 75% untuk ketuntasan peserta didik secara keseluruhan. Selain itu aktivitas guru juga meningkat dari 3,31 menjadi 3,84 dan aktivitas peserta didik dari 3,23 menjadi 3,76 selama proses pembelajaran dan memengaruhi hasil belajar. Analisis peneliti menyimpulkan bahwa penerapan Model Kooperatif Teknik Jigsaw berbasis Media Ajar Konkret dalam pembelajaran Matematika tentang materi Bangun Ruang dapat secara signifikan meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT) adalah terbitan berkala ilmiah (e-ISSN: 2774-1729) yang menyajikan informasi-informasi terkini di bidang Pendidikan Matematika dan Sains Matematika, melalui artikel-artikel baik yang berbasis penelitian lapangan maupun kajian literatur. Melalui terbitan-terbitan ini, ...