Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagin besar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model problembased learning terhadap hasil belajar matematika kelas VI SDK Bhaktyarsa. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desaian penelitian one group pretest posttest design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa kelas VI SDK Bhaktyarsa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi dengan instrumen soal tes dan lembar observasi. Hasil penelitian diketahui pada pretest, rata-rata nilai 64, dan posttest 80. Hasil uji normalitas menunjukkan nilai sig untuk pretest adalah 0,079 dan posttest adalah 0,266 sehingga memenuhi sebaran normal. Hasil uji t terhadap hasil belajar matematika, diketahui nilai thitung sebesar -17.489 untuk pretest dan posttest dengan signifikansi sebesar < 0,001 sehingga Ho ditolak. Dari hasil ini, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar matematika kelas VI SDK Bhaktyarsa. Rekomendasi penelitian yaitu: guru menerapkan model problem based learning secara berkala, khususnya dalam pembelajaran Matematika sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar. Juga untuk peneliti selanjutnya, agar meneliti lebih lanjut tentang efektivitas model problem based learning pada jenjang kelas lain serta melihat pengaruhnya untuk jangka panjang terhadap motivasi dan sikap siswa.
Copyrights © 2025