Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT)
Vol 6 No 1 (2025): Januari- Juni 2025

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Melalui Model ARIAS Berbantuan Denah Kota Kudus

Fuada, Ratna Mutia (Unknown)
Ismaya, Erik Aditya (Unknown)
,, Masyuni (Unknown)
Handayani, Redjeki (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

Pembelajaran matematika sering kali belum mengaitkan konsep abstrak dengan konteks nyata. Kurangnya variasi metode pembelajaran, dan tidak tepatnya penggunaan media juga menjadi penyebab rendahnya hasil belajar. Hal tersebut terjadi pada siswa kelas VI SD 1 Jati Wetan yang berdasarkan hasil observasi hanya memiliki ketuntasan belajar sebesar 33% pada materi sistem koordinat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika ranah kognitif dengan penerapan model ARIAS berbantuan media denah kota Kudus. Penelitian ini menggunakan metode penilitian tindakan kelas dengan dua siklus, dan melibatkan 18 peserta didik kelas VI. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes tertulis. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi, penyajian, kemudian penarikan kesimpulan. Penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika. Nilai rata-rata kognitif meningkat dari 67,72 pada siklus I menjadi 79,78 pada siklus II. Ketuntasan klasikal naik dari 44 % menjadi 77%. Peningkatan hasil belajar disebabkan adanya perbedaan kesungguhan belajar yang lebih baik pada siklus II. Temuan tesrserbut menunjukkan bahwa penerapan model ARIAS berbantuan denah Kota Kudus dapat membangun kepercayaan diri, minat, dan pemahaman terhadap materi sistem koordinat sehingga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penggunaan model pembelajaran inovatif dan media konkret serta integrasi konteks nyata pada pembelajaran menjadi penting untuk membantu siswa lebih memahami materi pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT) adalah terbitan berkala ilmiah (e-ISSN: 2774-1729) yang menyajikan informasi-informasi terkini di bidang Pendidikan Matematika dan Sains Matematika, melalui artikel-artikel baik yang berbasis penelitian lapangan maupun kajian literatur. Melalui terbitan-terbitan ini, ...