Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Desa Simpang Sungai Duren, Provinsi Jambi melalui penerapan modul pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi empat tahap: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dengan total empat pertemuan. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IV A (24 siswa) dan kelas IV B (23 siswa). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian belajar siswa pada kedua kelas. Rata-rata skor kemandirian belajar kelas IV A meningkat dari 47,88% pada pra siklus menjadi 59% pada siklus I dan 75,3% pada siklus II. Sedangkan kelas IV B meningkat dari 49,78% pada pra siklus menjadi 57,26% pada siklus I dan mencapai 80,61% pada siklus II. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan modul pembelajaran berbasis CTL efektif dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Simpang Sungai Duren, Provinsi Jambi
Copyrights © 2025