Al-Irsyad Journal of Mathematics Education
Vol 4 No 2 (2025): Juli 2025

ANALISIS STATISTIK POLA BELAJAR BIGGS DAN HASIL BELAJAR METODE NUMERIK MAHASISWA INFORMATIKA

Samaray, Silvana (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2025

Abstract

Mahasiswa informatika kerap mengalami kesulitan dalam memahami mata kuliah Metode Numerik sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar. Salah satu faktor yang memengaruhinya adalah pola belajar yang digunakan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pola belajar mahasiswa berdasarkan Teori Biggs (surface, deep, dan achieving) dengan hasil belajar Metode Numerik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Data dikumpulkan melalui angket pola belajar Biggs dan nilai Metode Numerik dari 55 mahasiswa informatika yang dipilih secara convenience sampling. Analisis data dilakukan dengan uji korelasi Pearson dan uji regresi linear sederhana yang diolah berbantuan software SPSS. Hasil menunjukkan bahwa pola belajar deep memiliki korelasi positif signifikan terhadap nilai Metode Numerik (r =0,696; p=0,00), begitu pula dengan pola belajar achieving (r=0,520; p=0,00). Sebaliknya pola belajar surface menunjukkan korelasi  negatif (r=–0,445; p=0,01). Pola belajar deep memberikan kontribusi terbesar terhadap pencapaian hasil belajar mahasiswa, yaitu sebesar 48,4%. Temuan ini menyimpulkan bahwa pola belajar berperan penting dalam pencapaian akademik, dan penting bagi dosen untuk mendorong mahasiswa mengembangkan pola belajar yang lebih efektif dalam pembelajaran Metode Numerik di program studi informatika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

wjme

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Al-Irsyad Journal of Mathematics Education (IJME), sebuah jurnal nasional peer-review elektronik, menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian asli, artikel ulasan dari kontributor, dan berita teknologi baru yang terkait dengan pendidikan matematika. Jurnal ini disediakan untuk penulis, ...