Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS
Vol. 3 No. 2 (2025): April

PENCEGAHAN BULLYING ANAK BERBASIS KOMUNITAS: PERAN INTEGRATIF PENDIDIKAN, HUKUM, DAN EKONOMI DI KELURAHAN SUMUR MELELEH

Fitria, Desi (Unknown)
Sarianti, Betra (Unknown)
Ayuni, Rossa (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Integrasi pendidikan, hukum, dan ekonomi merupakan pendekatan yang saling terkait dalam upaya mencegah bullying pada anak. Pendidikan berperan penting dalam membentuk karakter dan mengajarkan nilai-nilai seperti empati, toleransi, dan keberanian untuk melaporkan perundungan. Melalui kurikulum yang inklusif dan program anti-bullying, sekolah dapat menjadi tempat yang aman bagi anak-anak untuk berkembang. Sementara itu, hukum memberikan perlindungan bagi anak dengan adanya regulasi yang jelas tentang perlakuan terhadap bullying, baik dalam konteks kekerasan fisik maupun psikologis. Penegakan hukum yang tegas dapat memberikan efek jera bagi pelaku dan memastikan korban mendapatkan hak perlindungannya. Aspek ekonomi juga berpengaruh, di mana kondisi sosial-ekonomi yang kurang stabil dapat meningkatkan risiko anak menjadi korban atau pelaku bullying. Oleh karena itu, upaya pencegahan bullying juga perlu melibatkan kebijakan ekonomi yang mendukung kesejahteraan keluarga, seperti bantuan sosial dan akses pendidikan yang merata. Dengan integrasi yang efektif antara ketiga aspek ini, diharapkan tercipta lingkungan yang aman, adil, dan mendukung perkembangan anak tanpa adanya perundungan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPKI2

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS (JPKI2) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Ekonomi, Hukum,Teknik, kedokteran, Pertanian, Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Ilmu Sosial dan Ilmu ...