Pemahaman konsep fisika dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah penggunaan istilah asing dan kemampuan literasi bahasa Indonesia siswa. Penggunaan istilah asing dalam buku teks dan pembelajaran sering kali menjadi kendala bagi siswa yang memiliki keterbatasan dalam literasi bahasa akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penggunaan istilah asing dalam fisika dan tingkat literasi bahasa Indonesia memengaruhi pemahaman konsep fisika siswa SMA. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kuesioner Google Form dan tes pemahaman konsep fisika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat literasi bahasa yang lebih tinggi cenderung lebih mudah memahami konsep fisika, terlepas dari penggunaan istilah asing. Namun, penggunaan istilah asing yang tidak dijelaskan dengan baik dapat menjadi hambatan dalam pembelajaran. Studi ini merekomendasikan strategi pengajaran yang menyeimbangkan penggunaan istilah asing dengan penjelasan bahasa Indonesia yang lebih sederhana untuk meningkatkan pemahaman siswa.
Copyrights © 2025