Penelitian ini bertujuan untuk seberapa efektif pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMAN 3 Mandau. Penelitian ini mencakup tantangan yang dihadapi dalam pembelajaran ekonomi, di mana terdapat ketidakmerataan tingkat pemahaman dan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 141 siswa, Sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 58 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linier sederhana dan uji hipotesis menggunakan SPSS 26.0. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa signifikansi sebesar 0,000. Dimana 0,000 0,05. Sedangkan nilai t-hitung t-tabel (6,404 2,663). Hasil tersebut menunjukkan bahwa variable Blended Learning efektif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Dengan demikian penelitian ini dapat dikatakan signifikan dan disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.
Copyrights © 2025