Artikel penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep pembelajaran berdiferensiasi dan juga implementasi model pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN 1 Ponorogo. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara mendalam, observasi partisipatoris, dan juga dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa konsep pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti menggunakan metode pengajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik yang meliputi kemampuan belajar, gaya belajar, minat dan bakat. Pembelajan berdiferensiasi mencakup tiga muatan didalamnya yaitu knten, isi, dan juga produk. Implementasi model pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti menggunakan model project based learning. Model pembelajaran ini dapat memenuhi kebutuhan peserta didik, kemampuan belajar, dan minat bakat sebagaimana maksud pembelajaran berdiferensiasi. Guru Pendidikan Agama Islam dapat melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi secara efektif menggunakan model tersebut.
Copyrights © 2025