Penulisan karya tulis ilmiah yang baik dan sesuai kaidah akademik menuntut pengelolaan referensi yang tepat serta etis, namun di lingkungan mahasiswa STPMD “APMD” masih banyak ditemukan kendala dalam proses pengutipan dan penyusunan daftar pustaka. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pentingnya penggunaan Mendeley dalam penulisan karya tulis ilmiah; Faktor penghambat dan pendukung penggunaan Mendeley dalam penulisan karya tulis ilmiah di Perpustakaan Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa “APMD”. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi lapangan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah mahasiswa memperoleh buku panduan dan mengikuti seminar penggunaan Mendeley yang diselenggarakan oleh perpustakaan STPMD “APMD”, terjadi peningkatan signifikan dalam kemampuan mahasiswa mengelola referensi secara sistematis dan sesuai standar sitasi ilmiah. Mahasiswa juga menunjukkan peningkatan pemahaman terhadap etika akademik, khususnya dalam menghindari plagiarisme. Temuan ini menegaskan bahwa integrasi pelatihan Mendeley dalam kegiatan akademik sangat penting untuk mendukung kualitas karya ilmiah dan membentuk budaya penulisan yang etis dan profesional di perguruan tinggi.
Copyrights © 2025