Nanggroe: Journal Of Scholarly Service
Vol 4, No 3 (2025): Volume 4, Issue 3 2025

Talk Time: Model Interaktif untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Anak

Bay, Indri Wirahmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengimplementasikanTalk Timesebagai model pembelajaran interaktif yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris dasar pada anak-anak usia 710 tahun. Kegiatan ini dilaksanakan di TPQ Imam Syafii, Kecamatan Kota Tengah, Kota Gorontalo, dan melibatkan 15 peserta didik.Talk Timemenekankan pendekatan komunikatif melalui aktivitas menyenangkan seperti permainan edukatif, dialog sederhana, dan pembacaan cerita (story reading). Kegiatan berlangsung dalam dua sesi yang masing-masing berdurasi 6090 menit dan dipandu oleh seorang dosen serta beberapa mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Selama pelaksanaan, anak-anak menunjukkan antusiasme tinggi dan keterlibatan aktif dalam setiap aktivitas. Permainan sepertiGuess the PicturedanRole Play At the Marketmembantu anak mengembangkan kosakata dan melatih keberanian berbicara dalam konteks yang bermakna. Aktivitasstory readingjuga memberikan kontribusi signifikan dalam memperkaya struktur kalimat dan pemahaman makna secara kontekstual. Anak-anak mampu merespons instruksi dalam Bahasa Inggris, mengulangi ungkapan sederhana, dan terlibat dalam percakapan singkat secara spontan. Kegiatan ini menunjukkan bahwa modelTalk Timeefektif digunakan dalam lingkungan pendidikan nonformal seperti TPQ. Pembelajaran yang berbasis interaksi dan konteks nyata terbukti mampu meningkatkan keterampilan berbicara dan kepercayaan diri anak-anak. Selain memberikan manfaat bagi peserta didik, kegiatan ini juga menjadi sarana penerapan ilmu dan penguatan hubungan antara perguruan tinggi dan masyarakat. Model ini berpotensi untuk direplikasi di berbagai lembaga serupa lainnya.

Copyrights © 2025