Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh media flip chart terhadap  hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan quasi experimental dengan desain  nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Nomor 18 Ladang Sintang. Sampel penelitian adalah  kelas VA sebagai kelas eksperimen berjumlah 22 siswa dan kelas VB sebagai kelas kontrol berjumlah 22 siswa. Dari hasil penelitian dan analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest kelas kontrol41,09 dan nilai rata-rata posttest 50,05. Sedangkan kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest 40,05 dan nilai rata-rata posttest 79,73. Setelah dilakukan uji hipotesis pada perbedaan hasil posttest di kelas eksperimen dan  kelas kontrol diperoleh nilai t hitung 10,23 dan t tabel 2,01808. Karena t hitung lebih besar dari t tabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media flip chart terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015