International Journal of Learning and Instruction (IJLI)
Vol 7, No 1 (2025): April 2025 Volume 7 Number 1 2025

THE IMPLEMENTATION OF THE DRILL AND PRACTICE METHOD TO IMPROVE STUDENTS LEARNING OUTCOMES ON THE TOPIC OF WUDU IN

Prabowo, Bobi (Unknown)
Sufia, Neng (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi strategi pembelajaran yang monoton dan tidak menarik sehingga menyebabkan pembelajaran yang berlangsung sangat membosankan dan hanya menyampaikan ilmu begitu saja tanpa memastikan terhadap siswa bahwa ilmu yang disampaikan benar-benar bisa di lakukan oleh siswa tersebut serta menyebabkan hasil belajar siswa tidak maksimal serta siswa yang menjadi pasif dalam pembelajaran, khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi wudhu. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan metode Drill and Practice pada mata pelajaran fikih di MTs Nurul Hidayah (2) Untuk mengetahui Peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fikih dengan menerapkan metode Drill and Practice pada mata pelajaran fikih di MTs Nurul Hidayah. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret sampai bulan Mei 2024. Dengan lokasi penelitian yaitu di MTs Nurul Hidayah. Penelitian ini mengunakan Desain One Group Pretest dan Posttest yang menjadi sample penelitian ini ialah kelas VII D dengan jumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan soal pretest dan posttest dan dokumentasi. Penerapan metode Drill and Practice ini memiliki dampak yang baik bagi hasil belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IJLI

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

IJLI is a Scientific Journal published twice a year in April and Oktober by the Faculty of Teacher Training and Education in Universitas Tanjungpura Pontianak. The article contains the results of research and other scientific literature related to learning, instruction, teaching and ...