Implementasi kurikulum merdeka dalam proses pembelajaran, guru harus memiliki kemampuan untuk berpartisipasi secara aktif, kreatif, dan inovatif, serta memiliki keterampilan yang diperlukan untuk berperan sebagai penggerak perubahan di lingkungan pendidikan mereka. Salah satu masalah yang sering dihadapi dalam proses pembelajaran dasar-dasar TKJT dan alat ukur adalah bahwa siswa tidak tertarik atau tidak tertarik untuk belajar. Untuk mengatasi masalah ini, perlu dibuat E-Modul, atau modul elektronik, yang akan meningkatkan minat dan keinginan siswa untuk belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk media pembelajaran e-modul berbasis FlipBook Maker dan untuk mengetahui bagaimana siswa di kelas X merespons media pembelajaran e-modul berbasis FlipBook Maker. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan: Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Studi ini dilakukan di SMK Arrohmaniyah Pamotan di Kota Rembang, dengan responden terdiri dari 30 siswa kelas X. Proses pengolahan data dimulai dengan validasi ahli media, materi, dan responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Modul Dasar-dasar TKJT dan Alat Ukur sangat layak digunakan dan meningkatkan minat dan keinginan siswa untuk belajar.
Copyrights © 2025