Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui gambaran  pola pemasaran produk olahan berbasis ikan lele pada usaha pengolahan ikan lele di Kabupaten Majalengka. Penelitian ini dilakukan di  Desa Gandawesi Kecamatan Ligung Kabupaten Majalengka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data yang dikumpulkan merupakan data primer dan data sekunder. Penentuan responden dilakukan dengan cara teknik sampling atau sering disebut Wawancara. Dengan pemilik usaha olahan ikan  lele. Waktu  penelitian dari bulan April sampai Agustus 2021. Hasil Penelitian ini membahas bagaimana lingkungan internal dan eksternal dari usaha ikan lele, serta bagaimana strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan oleh pemilik usaha ikan  lele. Usaha olahan ikan lele di Desa Gandawesi sudah berjalan hampir 12 tahun. Berdasarkan hasil wawancara dilapangan diketahui bahwa usaha olahan  ikan lele di Desa Gandawesi memiliki skala usaha yang kecil, dan modal usaha yang berasal dari mereka sendiri dan dari modal pinjaman untuk menjalankan usahanya. Berdasarkan hasil wawancara dengan responden diketahui Jumlah modal awal olahan ikan lele di Desa Gandawesi sebesar Rp 1.500.000,-. Kata Kunci: Lele, Strategi Pemasaran, SWOT, Pakan.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024