paradigma agribisnis
Vol 7 No 1 (2024): Paradigma Agribisnis

Strategi Pemasaran Produk Olahan Ikan Lele (Studi Kasus Di Desa Gandawesi Kecamatan Ligung Kabupaten Majalengka)

Sulaksana , Jaka (Unknown)
Erik Suparto (Unknown)
Dinar (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

  Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui gambaran  pola pemasaran produk olahan berbasis ikan lele pada usaha pengolahan ikan lele di Kabupaten Majalengka. Penelitian ini dilakukan di  Desa Gandawesi Kecamatan Ligung Kabupaten Majalengka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data yang dikumpulkan merupakan data primer dan data sekunder. Penentuan responden dilakukan dengan cara teknik sampling atau sering disebut Wawancara. Dengan pemilik usaha olahan ikan  lele. Waktu  penelitian dari bulan April sampai Agustus 2021. Hasil Penelitian ini membahas bagaimana lingkungan internal dan eksternal dari usaha ikan lele, serta bagaimana strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan oleh pemilik usaha ikan  lele. Usaha olahan ikan lele di Desa Gandawesi sudah berjalan hampir 12 tahun. Berdasarkan hasil wawancara dilapangan diketahui bahwa usaha olahan  ikan lele di Desa Gandawesi memiliki skala usaha yang kecil, dan modal usaha yang berasal dari mereka sendiri dan dari modal pinjaman untuk menjalankan usahanya. Berdasarkan hasil wawancara dengan responden diketahui Jumlah modal awal olahan ikan lele di Desa Gandawesi sebesar Rp 1.500.000,-. Kata Kunci: Lele, Strategi Pemasaran, SWOT, Pakan.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPA

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Paradigma Agribisnis merupakan jurnal Kajian Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian yang terbit setiap 6 bulan sekali yaitu pada bulan Maret dan September, dikelola oleh Lembaga Penelitian Unswagati dan Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia (PERHEPI). Paradigma Agribisnis memiliki p-ISSN ...